Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tuliskan Beberapa Jenis Perangkat Lunak Aplikasi

Tuliskan Beberapa Jenis Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak komputer atau yang lebih kerennya disebut sebagai Software, pada dasarnya adalah program dan prosedur yang dimaksudkan untuk melakukan tugas tertentu pada suatu sistem.

Sistem perangkat lunak komputer diklasifikasikan menjadi tiga jenis utama, yaitu perangkat lunak sistem, perangkat lunak pemrograman dan perangkat lunak aplikasi.

Berikut jenis perangkat lunak aplikasi:
  1. Word processing software: MS Word, Wordpad dan Notepad
  2. Database software: Oracle, MS Access dan sebagainya
  3. Spreadsheet software: Apple Numbers, Microsoft Excel
  4. Multimedia software: Real Player, Media Player
  5. Presentation software: Microsoft Power Point, Keynotes
  6. Enterprise software: Customer relationship management system
  7. Information Worker Software: Documentation tolls, resource management tools
  8. Educational software: Dictionaries: Encarta, BritannicaMathematical: MATLABOthers: Google Earth, NASA World Wind
  9. Simulation software: Flight and scientific simulation
  10. Content Access Software: Accessing content through media players web browsers
  11. Application Suites: OpenOffice, Microsoft Office
  12. Software for Engineering and Product Development : IDE or Integrated Development Environtments

Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Berdasarkan Fungsi


1. Pengolah Kata 
Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah kata, digunakan untuk kebutuhan yang berkaitan dengan tulis menulis, beberapa perangkat lunak aplikasi pengolah kata antara lain: Microsoft Word, Wordstar, Chiwriter,Notepad, dll.

2. Pengolah Angka
Aplikasi pengolah angka digunakan untuk menyelesaikan segala sesuatu yang berhubungan dengan perhitungan, digunakan untuk menemukan jawaban atas penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian dari beberapa data. Selain itu Anda dapat menyajikan data dalam bentuk tabel. Beberapa contoh aplikasi pengolah kata antara lain adalah Lotus 123, Microsoft Excel.

3. Presentasi 
Program aplikasi ini berguna untuk membantu orang saat melakukan presentasi yang tersedia berbagai macam bentuk tampilan untuk presentasi. Salah satu contoh aplikasi Microsoft PowerPoint.

4. Pengolah Grafis
Aplikasi yang membantu anda dalam pengolahan gambar. Mulai dari melihat gambar mengedit gambar atau langsung menggambar dengan komputer, contoh aplikasi pengolah grafis adalah Adobe Photoshop dan CorelDraw 

5. Video Editing
Video editing biasa digunakan untuk mengedit hasil gambar video agar menjadi lebih baik, contoh aplikasi video editing adalah  Flash Effect Maker, Pinneacle Studio.

6. Pengolah Data
Program pengolah data sangat dibutuhkan dalam mengolah data dalam jumlah banyak, seperti misal untuk menyimpan data murid-murid di sekolah, karyawan di suatu kantor atau perusahaan dan lain sebagainya. Perangkat lunak aplikasi yang digunakan diantaranya adalah Visual Poxro, SPSS, Microsoft Access.

8. Aplikasi Internet
Perangkat lunak aplikasi internet biasanya digunakan untuk menjelajah internet, atau aplikasi ini sering disebut sebagai Browser, Contohnya perangkat lunak aplikasi internet yaitu Internet Explorer, Google Chrome, Firefox, dan lain sebagainya.

Post a Comment for "Tuliskan Beberapa Jenis Perangkat Lunak Aplikasi"