Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komputer yang Berlaku Sebagai Pusat Data Disebut?

Komputer yang Berlaku Sebagai Pusat Data Disebut
Server adalah sebutan dari komputer yang berlaku sebagai pusat data, sebab komputer memiliki berbagai layanan (service) yang dibutuhkan oleh komputer lain, oleh sebab itu Server adalah penamaan bagi komputer pusat data.

Komputer server atau komputer pusat data adalah komputer yang menyediakan layanan bagi komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya. Seperti hak akses internet, memori yang lebih besar, harddisk berkapasitas tinggi, printer yang dapat digunakan bersama-sama, dan lain-lain.

Fungsi dan Kegunaan Komputer Pusat Data (Computer Server)
  1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client. Seperti meminta tambahan waktu akses internet di warnet.
  2. Menyediakan resource untuk digunakan bersama-sama baik itu perangkat keras ataupun aplikasi yang dapat digunakan komputer client bersama-sama.
  3. Bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas data.
  4. Mampu menyimpan file atau dokumen, data yang dapat di akses bersama dalam lingkup jaringan menggunakan file sharing.
  5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang tersimpan di komputer server.
  6. Harus menyediakan database atau aplikasi yang dapat dijalankan di semua komputer client.
  7. Komputer server harus melindungi komputer client dari malware dan virus berbahaya dengan cara memasang antivirus, antimalware dan firewall pada komputer server.

Fungsi komputer server pada dasarnya tetaplah sama, hanya mungkin penempatan dan tujuannya dibuat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna, Seperti Web Server, Database Server, File Server, Game Server, Proxy Server, Printer Server dan masih banyak lagi.

Post a Comment for " Komputer yang Berlaku Sebagai Pusat Data Disebut?"