Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paragraf

Paragraf
Paragraf merupakan bagian suatu tulisan yang terdiri atas kumpulan kalimat secara padu yang memiliki satu ide pikiran. Fungsi utama paragraf adalah menandai awal gagasan baru.

Suatu kumpulan kalimat dikatakan paragraf apabila kalimat tersebut memiliki kesatuan, kelengkapan, koherensi, dan urutan pikiran yang runtut dengan kalimat lainnya.

Kerangka Paragraf

Kerangka Paragraf
Kerangka paragraf terdiri dari dua, yaitu gagasan utama dan gagasan penjelas.

  1. Gagasan utama

Gagasan utama adalah ide, pokok pikiran yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Gagasan utama biasanya berupa kalimat yang merangkum seluruh isi kalimatkalimat lain dalam sebuah paragraf;

  1. Gagasan penjelas

Gagasan penjelas adalah gagasan yang menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas biasanya menjelaskan kalimat
utama.

Macam-Macam Paragraf

Macam-macam paragraf
Paragraf terdiri dari dua macam, yaitu berdasarkan tujuanya dan berdasarkan letak gagasan utamanya.

Berdasarkan Tujuannya

  1. Paragraf deskriptif

Paragraf deskriptif adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan dalam paragraf tersebut. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.

  1. Paragraf narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian yang bertujuan agar pembaca seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan.

  1. Paragraf argumentasi

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Paragraf ini bertujuan agar pembaca mempercayai kebenaran yang diungkapkan oleh penulis.

  1. Paragraf eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menginformasikan suatu teori, teknik, kiat, atau petunjuk dengan tujuan pembaca dapat menambah wawasan.

  1. Paragraf persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang mengajak, membujuk, atau memengaruhi pembaca dengan tujuan pembaca mengikuti pendapat penulis.

Berdasarkan letak gagasan utama

  1. Paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada awal paragraf kemudian diikuti oleh kalimat penjelas.

  1. Paragraf induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya terletak di akhir paragraf. Ada beberapa jenis paragraf induktif, antara lain:
  1. Paragraf analogi
Paragraf analogi adalah bentuk penyusunan paragraf yang berisi perbandingan dua hal yang memiliki sifat sama.

  1. Paragraf generalisasi
Paragraf generalisasi adalah bentuk penyusunan paragraf yang menggunakan beberapa fakta khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum.

  1. Paragraf kausal
Paragraf kausal adalah bentuk penyusunan paragraf yang menggambarkan hubungan ketergantungan antara dua kalimat atau lebih dimana suatu akibat akan terjadi jika ada sebab.

  1. Paragraf campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya tersebar pada seluruh kalimat atau gagasan utamanya terletak di akhir dan awal kalimat.

Penjelasan dan pembahasan diatas merupakan rangkuman atau ringkasan yang sudah diambil poin pentingnya saja, agar pembaca lebih mudah memahami.

Post a Comment for "Paragraf"