Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Fungsi Tosser Atau Set Upper Dalam Permainan Bola voli

Pengertian Permainan Bola Voli


Jaskan Fungsi Tosser Atau Set Upper Dalam Permainan Bola vo




Permainan bola voli adalah salah satu olahraga paling populer didunia. Permainan bola voli dimainkan oleh dua grup. Masing-masing grup terdiri dari enam pemain. Ada juga variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Cara bermainnya yaitu dengan memukul bola hingga masuk ke daerah lawan dan menciptakan poin.

Pemain nomor satu dinamakan server, pemain kedua dinamakan spiker, pemain ketiga dinamakan set upper atau tosser,pemain nomor empat dinamakan blocker, pemain nomor lima dan enam dinamakan libero. 


Fungsi Tosser Atau Set Upper

Dalam permainan bola voli, terdapat beberapa posisi pemain yang memiliki tugas yang berbeda-beda. Salah satunya smasher, posisi pemain dalam permainan bola voli adalah tosser.

Tosser adalah posisi pemain dalam tim yang berada paling dekat dengan net. Seorang tosser memiliki tugas sebagai pengatur serangan dalam tim. Tugas lainnya dari Tosser adalah sebagai pemberi umpan ke arah smasher untuk dilakukan pukulan smash agar diperoleh pukulan yang baik. Pada saat-saat tertentu, seroang tosser juga bertugas sebagai blocker untuk melakukan teknik block terhadap serangan lawan.

Sebagai seorang tosser, pemain harus pintar membaca permainan dan peluang dan menguasai teknik smash. Dalam kesempatan tertentu, pemain tosser dapat menghasilkan poin dengan smash atau dorongan bola yang dapat menipu lawan. Seorang tosser harus menguasai teknik passing atas dengan baik karena digunakan untuk memberikan umpan bola ke arah.

Post a Comment for "Jelaskan Fungsi Tosser Atau Set Upper Dalam Permainan Bola voli"