Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Norma

Macam-Macam Norma


Norma adalah kaidah, aturan atau adat kebiasaan dan/ atau hukum yang berlaku dalam masyarakat.


1. Norma Kesusilaan

Adalah peraturan hidup yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara hati nurani manusia.

Norma kesusilaan sebagai bisikan hati nurani memiliki keterkaitan dengan norma agama. Hal itu mengandung arti bahwa ajaran norma agama juga mengandung kaidah kesusilaan, seperti "jaga kehormatan keluargamu, niscaya keluargamu akan penuh martabat". Norma kesusilaan juga dapat memiliki keterkaitan dengan norma hukum, seperti "dilarang menghina nama baik seseorang".


2. Norma Kesopanan

Adalah norma yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Norma kesopanan bersumber dari tata kehidupan atau budaya yang berupa kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam mengatur kehidupan kelompoknya.


3. Norma Agama

Adalah sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia yang sumbernya dari tuhan yang disampaikan melalui utusannya yang berisi perintah, larangan dan anjuran-anjuran. Penganut agama meyakini bahwa apa yang diatur dalam norma agama berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, yang disampaikan kepada nabi dan rosul-Nya untuk disebarkan kepada seluruh umat manusia di dunia.


4. Norma Hukum

Adalah peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat dan dibuat oleh badan-badan resmi negara serta bersifat memaksa sehingga perintah dan larangan dalam norma hukum harus ditaati oleh masyarakat. 

Post a Comment for "Macam-Macam Norma"