Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Elasticsearch?

Pengertian Elasticsearch


Elasticsearch adalah sebuah database Non Relational yang sering digunakan sebagai database search engine. Dimulai dari sebuah project bernama Apache Lucene. Project ini dibuat untuk melakukan pencarian data, tapi sayangnya Apache Lucene ini hanya berbentuk library untuk aplikasi Java, jadi tidak bisa digunakan di bahasa pemrograman lainnya.

Karena kompleksitas dari Apache Lucene ini juga maka dibuat lah Compass Project. Compass project adalah library Java yang membungkus library Apache Lucene, sehingga dapat lebih mudah digunakan.

Pada akhirnya, penelitian Compass project diberhentikan karena Compass project hanya support dengan bahasa pemrograman Java. Maka hadirlah Elasticsearch. Elasticsearch ini sebenarnya di dalamnya tetap menggunakan Apache Lucene, namun Elasticsearch ini memang sengaja di build sebagai database, bukan sebagai library lagi. Karena sistemnya berbentuk database, maka bahasa pemrograman apapun dapat terkoneksi dengan Elasticsearch ini.

Kapan kita butuh Elasticsearch?

  1. Saat aplikasi kita memiliki fitur pencarian yang menggunakan query % (regex).
  2. Saat butuh agregate data.


3. Saat membutuhkan complex search data, seperti autocomplete, sinonim, ngram.

 

Perbedaan arsitektur aplikasi


  1. Menggunakan database biasa




2. Menggunakan Elasticsearch




Penutup

Elasticsearch merupakan sebuah teknologi database yang sangat powerful apabila diaplikasikan dalam kebutuhan search engine database, untuk melihat berbagai dokumentasi maupun update teman-teman bisa langsung berkunjung ke website Treo.my.id. Sekian penjelasan dari Saya mengenai Pengertian Elasticsearch, terima kasih.

Post a Comment for "Apa Itu Elasticsearch?"