Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permainan Sepak Bola

Sepak Bola

Permainan Sepak Bola
Permainan Sepak Bola


Pengertian Sepak Bola


Mengenal permainan Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling populer di dunia, dan di gemari oleh semua kalangan usia. Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan menggunakan bola kaki dan menggunakan fisik. Permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan dan setiap tim terdiri dari 11 pemain yang berada di lapangan. Tujuan dari permainan sepak bola adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan memenangkan pertandingan.

Permainan sepak bola dapat dimainkan di lapangan outdoor dengan ukuran lapangan tertentu. Dalam setiap pertandingan, permainan dimainkan selama 90 menit yang dibagi menjadi dua babak. Dalam permainan sepak bola, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain. 

Teknik dasar dalam permainan sepak bola adalah.

  • Passing
  • Dribbling
  • Shooting
  • Heading
  • Control


Asal Permainan Sepak Bola


Permainan sepak bola berasal dari Tiongkok sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Pada masa tersebut orang-orang tiongkok menggiring bola kulit dengan cara menendangnya dan menggiring menuju jaring kecil. Di Jepang permainan tersebut juga dimainkan dan di kenal dengan istilah Kemari

Permainan sepak bola berkembang pesat dan pada tahun 1904 dibentuklah asosiasi tertinggi sepak bola dunia yaitu FIFA. Pada tahun 1900-an berbagai kompetisi sepak bola mulai diadakan di berbagai negara. Saat ini sepak bola digemari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tujuan Permainan Sepak Bola


Tujuan dari permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak banyaknya, menjaga daerah pertahanan supaya tidak kebobolan oleh lawan, dan yang paling penting adalah menjaga kekompakan para pemain sepak bola supaya bisa mencetak gol ke gawang lawan dan memenangkannya.



Peraturan Permainan Sepak Bola

1. Lapangan

  • Panjang lapangan =100 – 110 m
  • Lebar lapangan = 64 – 75 m
  • Luas daerah gawang = 18,35 x 5,5 m
  • Jari-jari lingkaran tengah = 9,15 m
  • Daerah hukuman pinalti = 40,39 x 16,5 m
  • Jarak titik hukuman dengan garis gawang = 11 m


2. Gawang

  • Tinggi gawang = 2,44 m
  • Lebar gawang = 7,32 m
  • Diameter tiang dan palang gawang = 12 sentimeter


3. Bola

  • Bahan bola = kulit
  • Bentuk bola = bulat
  • Berat bola = 396 – 453 gram
  • Keliling lingkaran bola = 68 – 71 cm

4. Peraturan Memulai Pertandingan

Sebelum pertandingan dimulai, pemain harus berjabatan tangan antar sesama pemain atau lawan dan berbaris ke arah penonton.
Wasit membawa uang logam dan kapten setiap tim akan memilih sisi uang logam, kemudian wasit melempar uang logam, dan pilihan sisi uang logam yang sesuai oleh kapten bisa memilih bola awal atau gawang.

5. Jumlah Pemain Sepak Bola

Terdapat dari 2 tim dan masing-masing tim terdiri dari 11 orang (salah satunya penjaga gawang). Jika pemain tim kurang dari 7 atau 4 pemain terkena kartu merah dan keluar maka tim tersebut dianggap kalah.

6. Penjaga gawang dalam sepak bola

Satu tim sepak bola terdiri dari satu orang penjaga gawang. Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangan untuk melindungi gawang dari serangan lawan. Penjaga gawang mengenakan pakaian yang berbeda dengan pemain lainnya.

 
7.Wasit

Wasit merupakan seseorang hakim di dalam lapangan sepak bola yang mempunyai wewenang dan tugas untuk mengatur jalannya suatu pertandingan sepak bola.

Tugas-tugas dari wasit antara lain:

  • Mengendalikan jalannya pertandingan dengan dibantu oleh asisten wasit
  • Memastikan bola yang dipakai sudah sesuai standar
  • Memastikan semua pemain dari kedua tim sesuai aturan
  • Mengatur waktu dan mencatat semua proses pertandingan
  • Menunda, menghentikan, atau mengakhiri pertandingan baik karena pelanggaran ataupun ada gangguan dari luar
  • Menghentikan permainan jika ada pemain yang mengalami kecelakaan dan cedera sepak bola

7.Asisten Wasit


Asisten wasit yang terdiri dari 2 orang bertugas untuk membantu wasit utama pada menegakkan peraturan selama pertandingan sepak bola.
Asisten wasit disebut juga linesman yang bertugas sebagai orang yang membawa bendera dan menandakan jika terjadi offside, bola keluar, dan tendangan sudut.


Pokok peraturan permainan sepak bola


Beberapa peraturan dalam permainan sepak bola yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Pemain (Player)

Setiap regu atau tim dalam permainan sepak bola terdiri dari 11 orang dan minimal 7 orang pemain.


2. Gol

Gol merupakan keadaan saat bola melewati garis gawang. Apabila sebuah gol tercetak maka permainan akan dimulai dari tengah lapangan dengan bola berada di pihak yang kebobolan gawangnya.


3. Lama Permainan (Duration of the Game)

Permainan ini terdiri atas dua babak. Satu babak lamanya 45 menit.


4. Permulaan Permainan (Kick Off)


Permainan sepak bola dimulai dengan tendangan permulaan dan titik tengah lapangan oleh dua orang pemain. Bola harus bergulir ke lapangan lawan. Setelah itu, bola baru dioper pada teman.

5. Offside

Seorang pemain sepak bola dinyatakan offside jika saat bola dimainkan, pemain tersebut berada lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan bola tersebut belum dikirim ke arahnya.

6. Tendangan Penalti (Penalty Kick)

Hukuman tendangan penalti diberikan apabila seorang pemain menyentuh bola dengan menggunakan tangan di daerah hukuman atau melakukan pelanggaran di daerah penalti (penalty area).

7. Handball

Tendangan ini dilakukan ketika tangan seorang pemain lawan menyentuh bola, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Tetapi jika tangan seorang pemain lawan rapat dengan dada dan tangan tersebut menyentuh bola dianggap tidak melakukan pelanggaran handball

8. Lemparan ke Dalam (Throw in)

Lemparan ke dalam lapangan sepak bola dilakukan apabila pemain lawan menendang bola ke luar dari garis samping lapangan.

9. Peraturan Lemparan ke Dalam (Throw in Rules)

Dalam melakukan lemparan ke dalam, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan oleh setiap pemain, antara lain sebagai berikut.

  • Bola harus dilempar oleh kedua belah tangan dan dilakukan melewati atas kepala.
  • Sewaktu melempar bola, kedua kaki harus tetap menempel atau menjinjit di garis pinggir lapangan.
  • Seorang pemain tidak akan dikenakan hukuman offside jika menerima bola hasil lemparan ke dalam, sekalipun ia berada dalam posisi offside.


10. Tendangan bebas langsung dan tidak langsung


Seorang pemain yang dengan sengaja melakukan salah satu dari sembilan pelanggaran berikut ini akan dikenakan hukuman. Hukum tersebut adalah “tendangan bebas langsung” (direct kick) kepada pihak lawan yang dilakukan dari tempat pelanggaran tersebut terjadi. 


Demikian penjelasan Saya tentang Permainan Sepak Bola. Jika ada yang kurang jelas silahkan berkomentar di postingan tersebut.

Post a Comment for "Permainan Sepak Bola"