Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Sepak Bola Dunia Dan Perkembangannya Di Indonesia

 Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola Dunia Dan Perkembangannya Di Indonesia




   Sepak Bola adalah Suatu permainan yang di lakukan dengan menendang bola kian-kemari untuk di perebutkan para pemain pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan, juga mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukkan bola.
Dalam permainan sepak bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan.
Hanya penjaga gawang yang di perbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang.

     Sepak bola merupakan permainan dua regu atau dua tim, yang masih masing tim terdiri dari 11 pemain.
Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2 x 45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit setiap babak tersebut.

     Di masa lalu, sebutan permainan sepak bola berbeda beda. Pada zaman Cina kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, Sepak bola di kenal dengan sebutan tanchu.
Di italia pada zaman Romawi dikenal dengan sebutan haspartun, di perancis sepak bola selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan istilah Kemari.


Perkembangan Sepak Bola Dunia

     Pada tanggal 26 Oktober 1863, di dirikan sebuah badan yang di sebut "English Football Assosiation". 
Tanggal 8 Desember 1863, lahirlah peraturan permainan sepak bola modern yang di susun oleh badan tersebut, yang dalam perkembangannya mengalami perkembangan. Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 2 Mei 1904 berdirilah federasi sepak bola internasional dengan nama "Federation de Foodball Assosiation" (FIFA).
Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepak bola pertama di Montevidio, Uruguay.
Kejuaraan sepak bola dunia diadakan 4 tahun sekali.


Perkembangan Sepak Bola Di Indonesia

     Pada tanggal 19 April 1930 dibentuk persatuan sepak bola seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond.
Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo.
Mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepak bola tingkat taruna remaja dengan nama "Piala Soeratin" (Soeratin Cup).

     Pada perkembangan selanjutnya, PSSI telah memperluas kesempatan dengan mengadakan berbagai ajang perlombaan sepak bola dalam negeri dengan dibentuknya Liga Super Indonesia dan beberapa perkumpulan sepak bola setiap kota di Indonesia.

     Tidak hanya perlombaan sepak bola antar kota, PSSI juga membentuk berbagai kejuaraan sepak bola dengan kategori gender (kompetisi sepak bola wanita) dan usia (U-15, U-17, U-19, U-21, dan U-23). Oleh sebab itulah akhirnya klub-klub sepak bola baru bermunculan di Indonesia.


     Demikian penjelasan Pengertian Dan Asal Usul Sepak bola Dunia Dan Perkembangannya Di Indonesia, semoga menambah pengetahuan dan wawasanmu

1 comment for "Sejarah Sepak Bola Dunia Dan Perkembangannya Di Indonesia"

  1. At the guts of all fashionable slot machines is a computer chip referred to as the Random Number Generator . This gadget replaces the unique spinning wheel found in gambling machines from the first half of the 20 th century. The RNG is capable of constantly generating thousands of random numbers and, in the case of the three-reel slot, thousands of three-number 우리카지노 combinations each second . Each of those three numbers in the combination serves to designate the place the reels will cease. Herbert S. Mills further perpetuated the recognition of the Bell machines.

    ReplyDelete