Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Printer dan Jenis-jenis Printer

 

Printer adalah


Pengertian Printer dan Jenis-jenis Printer


Printer adalah salah satu perangkat keras atau hardware yang di hubungkan dengan komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak data atau dokumen baik berupa tulisan, gambar atau grafis dan tampilan lainnya ke media kertas atau sejenisnya.
Di dalam istilah Printer ada kata DPI (dot per inch) yang merupakan jumlah titik per luas area.

Jenis-jenis Printer


1. Printer 3D

Printer 3D
Printer 3D


Di zaman sekarang ini teknologi cetak yang canggih dapat dibuat menjadi bentuk yang lebih realistis dari pembuatan printer jenis ini

2. Printer Dot-Matrix

Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix


Printer Dot-Matrix memiliki resolusi cetak masih sangat rendah. Kecepatan cetaknya lima puluh sampai lima ratus karakter per detik. Selama proses pencetakan printer jenis ini mengeluarkan suara yang keras.  Kualitas gambar yang dihasilkan juga buruk karena gambar yang telah dicetak sebagai titik terkait.  Printer Dot-Matrix memiliki keunggulan yaitu printer jenis murah, awet dan dapat mencetak kertas duplikat.

3. Printer Inkjet

Printer Inkjet
Printer InkJet

Printer Inkjet merupakan pengembangan dari jenis printer Dot-Matrix. Printer Inkjet sudah menggunakan tinta atau cartridge sebagai alat pencetaknya. Printer inkJet sekarang banyak digunakan oleh kebanyakan orang.  Tinta printer jenis ini biasanya menggunakan tinta jenis dye yaitu jenis tinta yang memiliki keunggulan template warna yang sempurna namun luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca.

4. Printer laser atau laser jet

Printer Laser jet
Printer Laser Jet


Printer laser jet tidak menggunakan tinta atau cartridge sebagai alat cetaknya tetapi menggunakan bubuk atau toner sebagai alat pewarnanya. Cara kerja printer laser jet menggunakan laser sebagai alat pencetaknya. Cara kerjanya sama seperti mesin fotokopi sehingga membuat printer lebih efisien dalam mencetak data.  Selain itu, hasil cetaknya juga sangat bagus karena tinta dari printer Laser Jet lebih kering dibandingkan dengan printer jenis Inkjet.  Namun harga printer jenis ini sudah termasuk mahal.

5. Printer LED

Printer LED
Printer LED


Cara kerja Printer LED sama seperti printer laser jet, namun memiliki perbedaan pada alat pencetaknya. Printer jenis ini menggunakan light emitting diode.

6. Printer Thermal

Printer Thermal
Printer Thermal


Cara kerja printer Thermal adalah dengan mengambil gulungan kertas kemudian dipanaskan.

7. Printer All in one atau printer multifungsi

Printer All in one atau printer multifungsi
Printer All in one atau printer multifungsi




Printer All in one adalah printer yang serba guna atau multifungsi. Printer yang satu ini memiliki kemampuan untuk fotocopy dan scanner.

8. Printer solid link

Printer solid link
Printer Solid Link




Cara kerja printer jenis solid link adalah dengan melelehkan tinta yang berbentuk beku kemudian tinta tersebut dijadikan alat untuk mencetaknya.

9. Printer Buble jet

Printer Buble Jet
Printer Buble Jet


Printer Buble jet sudah bisa wirelesss, artinya penggunaanya bisa langsung tanpa menggunakan kabel tanpa harus di colokkan terlebih dahulu ke komputer. Printer Buble jet bisa langsung di hubungkan ke kamera menggunakan koneksi bluetooth. Kelebihan dari printer Buble jet suaranya yang lebih lembut serta responsif



Post a Comment for "Pengertian Printer dan Jenis-jenis Printer"