Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untuk Mengenang Peristiwa Pertempuran Ambarawa Dibangun?

Untuk Mengenang Peristiwa Pertempuran Ambarawa Dibangun?
Untuk mengenang peristiwa sejarah pertempuran Ambarawa tanggal 12 Desember - 15 Desember 1945 maka dibagun Monumen Palagan Ambarawa.

Pertempuran berlangsung selama sekitar empat hari, dilakukan demi memperjuangkan daerah dari tentara sekutu yang berusaha membebaskan para tentara Belanda yang menjadi tahanan (NICA).

Pada masa itu Tentara Sekutu yang merasa terdesak di daerah Magelang, melakukan pengunduran diri ke daerah Ambarawa. Pada tanggal 11 Desember, Kolonel Soedirman melakukan rapat bersama seluruh komandan Sektor TKR dan Laskar.

Akhirnya pada tanggal 12 Desember serangan mulai dilancarkan terhadap tentara sekutu. Tidak sampai dua jam kemudian pertempuran di Ambarawa sudah berkobar.

Pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin oleh Kolonel Soedirman melakukan pertempuran dengan tentara sekutu dan akhirnya berhasil membawa kemenangan pada tanggal 15 Desember 1945.

Monumen Palagan Ambarawa sendiri dibangun pada tahun 1973 dan diresmikan pada tanggal 15 Desember 1974 oleh Presiden Soeharto. Monumen Palagan Ambarawa yang tidak lepas dari perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan wilayah kesatuan Negara Republik.

Post a Comment for "Untuk Mengenang Peristiwa Pertempuran Ambarawa Dibangun?"